Welcome To My Site



Monday, May 25, 2009

Statusku dan Mereka


Mahasiswa menurut saya tidak ada bedanya dengan pelajar lainnya seperti SMU, SMP dll. Akan tetapi benar dikatakan kalau dilihat dari kaca mata penampilan berbeda dengan smu, slta dan sejenisnya. Karena rata-rata mahasiswa tidak diwajibkan menggunakan pakaian resmi kuliyah ketika proses kuliyah dilaksanakan sebagaimana smu dllnya. Namun hal itu bukanlah ukuran untuk memisahkan hakekat mahasiswa dan pelajar pada umumnya. Akan tetapi pada hakekatnya adalah sama. Mereka memilki tujuan dan status yang sama, yaitu belajar dan status sebagai pelajar. Sama- sama menuntut ilmu, begitu juga sama-sama memiliki guru pada umumnya.

Mahasiswa alias pelajar merupakan sosok manusia yang ikut andil dalam menyejahterakan nafas kehidupan ilmu di muka bumi ini, bahkan pelajar cukup mulia jika disetarakan dengan kelas manusia lainya, karena Islam pun telah mengangkat derajat seorang pelajar, hal itu dikarenakan pelajar identik dengan orang yang suka ilmu dan memilki ilmu, bersamaan dengan itu Islam pun melewati kitab sucinya yaitu Al quran telah memberikan perbedaan akan derajat orang yang berilmu dengan orang yang sebaliknya, berikut kandungan alquran dengan artinya " ..apakah sama derajatnya orang yang mengetahui (berilmu) dengan orang yang tidak mengethui (berilmu)..".

Saat ini saya pribadipun masih berstatus pelajar atau mahasiswa, dan saya pun menikmatinya, karena indahnya berdampingan dengan pengetahuan. Akan tetapi saya akui dalam masa proses berdampingan dan bermesraan itu acap kali lupa dan khianat akan pengetahuan yang sudah menyinari kalbu ini, namun itu manusiawi, sebagiamana banyak masyarakat berkata demikian, bahwa manusia tak ada yang sempurna kadang secara tidak sengaja maupun sengaja ia pun melakukan kesalahan, begitu juga lupa. Tentu setiap prilaku dan tindakan kita punya hukumnya atau kategori baik dan buruknya, pastinya orang yang melakukan kriminalitas seperti mencuri adalah perbuatan buruk, begitu juga ketika kita melakukan kebajikan seperti menolong orang lain yang sedang tenggelam misalnya pastinya itu adalah kebaikan, ya iyalah namanya juga melakukan kebajikan. Hehe

Pelajar yang apabila patuh kepada sistem dan prosedur universitas tentu akan berhasil, seperti mengikuti ujian naik kelas, bagi yang mengikuti dan melaksanakanya dengan maksimal maka kemungkinan besar akan sukses, tetapi berbeda jika yang terjadi kebalikannya, sudah tidak hadir ketika ujian ga belajar juga, cape deh…

Alhamdulillah dan mudah- mudahan saya juga termasuk pelajar yang sukses, karena saya telah mengikuti ujian dan bisa dikatakan sangat maksimal "versi ngaku", setiap jerih payah yakin saya akan mendapatkan ganjaranya yang baik dan indah yaitu najah, sungguh mulianya Engkau ya Allah dengan nikmat Mu kepadaku yang telah menjadikanku termasuk orang-orang yang berdampingan dengan pengetahuan, semoga Kau selalu limpahkan padaku Ilmu Mu,dan jadikan aku orang-orang yang sukses,amin.

No comments:

Dikala Hari Itu pun Menyapa

Detik demi detik telah berlalu, seakan berperan jalan ditempat, teriring dengan senyum dan cemberut di wajah. tak kalah dengan kedongkolan hati dan keceriaannya. Hari demi hari telah terlewati, sebagai tanda kasih sayang dari sang Pencipta, meliputi perbuatan yang soleh dan inkar. Ketika terpajang waktu seolah memberikan isyarat akan keterbatasannya, merupakan bukti bahwa terjadinya perpisahan dan pertemuan, sebagian membuka lembaran baru dan tidak sedikit yang masih di lembaran yang sama. Prinsip menjadi pedoman hati yang penuh dengan perselisihan ibarat pohon yg terus berkembang dan bercabang hingga menghasilkan buah yg menjelma menjadi penawar, sayangnya kesadaran selalu harus diiringi dengan teguran, betapa dugaan membuat diri kuat dan juga lemah.